Program kerja hasil Musyawarah Daerah Muhammadiyah Banyumas yang diamanatkan kepada Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Banyumas :
1.
Menyusun pemetaan sumber daya insani, fasilitas dan tata
kelola serta kepemimpinan
di sekolah, madrasah dan pondok
pesantren Muhammadiyah.
2. Meningkatkan
peran dan fungsi lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai pusat pendidikan yang
berorientasi dakwah untuk pencerahan umat dan bangsa.
3. Mengembangkan
model – model pendidikan Al-Islam
dan Kemuhammadiyahan yang mampu meningkatkan komitmen untuk berislam dan
bermuhammadiyah yang berkemajuan.
4. Meningkatkan
dan memperkuat peran dan fungsi pendidikan Muhammadiyah sebagai sarana
pengkaderan melalui pembinaan ikatan Pelajar Mhammadiyah (IPM), Kepanduan
Hizbul Wathan (HW) dan Tapak Suci Putra Muhammadiyah sebagai organisasi intra
kurikuler.
5. Mengembangkan
kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam berbagai disiplin
ilmu untuk mewujudkan pendidikan yang holistik.
6. Meningkatkan
dan mengembangkan mutu pendidikan hingga memenuhi standar pendidikan nasional
dengan keunggulan bidang agama, akhlaq dan kecakapan hidup.
7. Meningkatkan
kemampuan profesional pendidik melalui pendidikan dan pelatihan serta melalui
optimalisasi forum MGMP dan MKKS.
8. Mendorong
para pengelola sekolah, madrasah dan pondok pesantren Muhammadiyah menjadi
motor penggerak Persyarikatan di tingkat Cabang dan Ranting.
9. Menjalin
kerjasama antara lembaga pendidikan Muhammadiyah maupun pihak lain guna meningkatkan mutu
pendidikan.
10. Memperkuat
ukhuwah dan silaturrahim antara lembaga pendidikan melalui kegiatan Musabaqah,
olimpiade, turnamen olah raga, festival seni, dan kegiatan lain yang dapat
menumbuhkan ghirrah bermuhammadiyah.
11. Menyusun
peta pendidikan, pusat data dan informasi pendidikan Muhamamdiyah sebagai bahan
kajian ilmiah dan dasar pengambilan kebijakan dan pengembangan pendidikan
Muhammadiyah.
12. Mondorong
pengembangan tradisi keilmuan melalui kelompok ilmiah dan kelompok kreatif.
13. Mengangkat
pimpinan sekolah, madrasah dan pondok pesantren yang didasarkan pada profesionalisme, keislaman dan
kemuhammadiyahan.
14. Menetapkan
standar mutu sekolah Muhamamdiyah dengan mengacu pada standar mutu pendidikan
nasional.
15. Mendorong
Cabang dan Ranting berdirinya Madrasah Diniyah guna mendukung pendidikan agama
di masyarakat.
16. Mendorong
berdirinya pondok pesantren di Cabang – cabang dan memberdayakan pondok
pesantren yang sudah ada, guna mendukung kaderisasi ulama/ mubaligh.
17. Meningkatkan
kesejahteraan guru dan karyawan sekolah Muhamamdiyah sesuai kemampuan
persyarikatan.
18. Bekerjasama
dengan Majelis Tabligh mengadakan program mubaligh hijrah bagi santri pondok
pesantren dan sekolah kader Muhammadiyah ke Cabang – Ranting dalam musim
Ramadhan dan liburan
sekolah.
19. Mengupayakan
berdirinya sekolah penanganan anak berkebutuhan khusus.
20. Meningkatkan kinerja guru dan
karyawan Muhammadiyah.
0 komentar:
Posting Komentar